Jumat, 11 Februari 2011

Apa itu Kenakalan Remaja?

Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency) mengacu kepada suatu rentang perilaku yang luas, mulai dari perilaku yang tidak dapat diterima secara sosial (seperti bertindak belebihan di sekolah), pelanggaran (seperti melarikan diri dari rumah) hingga tindakan-tindakan kriminal (seperti mencuri). Demi tujuan-tujuan hukum, dibuat suatu perbedaan antara pelanggaean indeks (index offenses) dan pelanggaran-pelanggaran status (status offenses).

Index offenses adalah tindakan kriminal, baik dilakukan oleh remaja maupun orang dewasa. Tindakan-tindakan itu meliputi perampokan,penyerangan dengan kekerasan,pemerkosaan,dan pembunuhan.

Status offenses,seperti lari dari rumah, bolos dari sekolah, minum-minuman keras yang melanggar ketentuan usia,pelacuran,dan ketidakmampuan mengendalikan diri adalah tindakan-tindakn yang temasuk dalam pelanggaran-pelanggaran remaja.

Dari penjelasan tersebut, bagaimana pendapat Anda?
Kalau saya sih, nakal boleh lah, wajar remaja itu ingin mencoba hal-hal baru yang menantang... Tapi jangan berlebihan, masih ada orangtua yang dengan semangat membesarkan dan merawat kita. Kita disekolahkan... Dan tentunya, kita semua inginkan membuat mereka bangga karena memiliki anak seperti kita?
Bayangkan wajah bahagia orangtua jika kita berprestasi. Kita tak bisa membalas jasa mereka... Mereka yang perlahan akan menua, oleh karena itu.... Mari kita buat mereka tersenyum bangga karena kita bisa SUKSES ! Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar